Social Media

Ke PMI Kota Bandung, Donor Darah Satu Kali Dalam 70 Hari

30 April 2014
Pernah donor darah? 
Kapan terakhir donor darah?
Tahu dimana kita bisa donor darah?
Di Bandung, kita bisa datang ke kantor pelayanan Palang Merah Indonesia. Mereka menerima kita setiap hari, pukul 07.00 - 21.30.
Pertama kali saya donor darah waktu masih duduk di bangku kuliah. Di tiap kampus (bisa jadi tidak semua kampus :D), ada unit kegiatan bernama Korps Sukarelawan (KSR). Nah kalau ada KSR biasanya pasti ada acara Donor Darah berkala. Dua kali dalam setahun umumnya. 
Bagaimana rasanya donor darah?

Hihihi :D pada awalnya ketakutan. Saya cemas darahnya muncrat dan khawatir tiba-tiba pingsan. Mana saya termasuk suka kena penyakit linu-linu sekujur badan kalau lihat darah. Wew. 
Kalau sudah satu kali donor darah, rasanya nagih! Ketakutan saya tidak terbukti. Biasa saja, tuh :D Rasa linu masih ada, tidak usah dipikirkan saja. Selama proses donor berlangsung, biasanya saya alihkan perhatian, mengamati orang sekitar. Kalau ada yang mendampingi ya ngobrol saja. Ngobrolnya yang lucu-lucu bikin tertawa. Berdasarkan pengalaman sendiri, kalau kita tertawa, aliran darah yang masuk ke tabung lebih cepat jalannya. 
350cc darah yang terkumpul dalam waktu 10 menit. Terkadang kalau mereka sedang butuh golongan darah tertentu saat itu juga, kita diminta mendonorkan lebih. 400cc biasanya.
Sebelum donor darah, usahakan makan dulu. Perut jangan kosong, ya. Sayang kalau gara-gara keabaian kita pada badan mengagalkan niat yang lain. Keduanya sama-sama baik padahal. Makan dan donor darah ;)
Catatan medis lainnya jadi patokan dalam boleh tidaknya kita mendonorkan darah. Begitu juga dengan batas umur. Paling kecil 17 tahun, tertua 60 tahun. Berat badan minimal 47 kg. Tidak sedang menyusui dan tidak hamil, dan tidur cukup semalam. Kalau habis begadang, lebih baik tunda dulu donor darahnya ya. Tidur yang cukup, makan yang baik. 
Donor darah banyak manfaatnya. Nomor satu tentu saja menolong orang lain. Sebagai yang pernah didonori darah, saya berterima kasih sekali :) Makanya mau balas budi. Manfaat lainnya yang saya rasakan adalah badan terasa lebih segar, fisik dan mental. Seperti hidup ini lebih berarti walau hanya terasa 70 hari sekali :P
Teori Pay It Forward ada benarnya. Lakukan hal yang baik-baik, tularkan pada yang lain, niscaya bakal bikin kita lebih bahagia. 
Donor darah hanya boleh dilakukan 70 hari sekali. Saya tahu beberapa teman melanggar ketentuan ini. Semoga kalian semua sehat-sehat terus, ya. Niat baik seharusnya tidak berdampak buruk. Heheh :D
PMI Kota Bandung ada di Jl. Aceh 79
Working Hour : 07.00 - 21.30 setiap hari
Tlp : 022-4207052
Facebook : Indonesia Res Cross Society (Palang Merah Indonesia)
Twitter : @PMIKotaBandung
Website : http://pmi.or.id

Petunjuk arah ke PMI Kota Bandung klik di sini


Teks: Nurul Wachdiyyah
Foto: Indra Yudha Andriawan, Nurul Wachdiyyah
1 comment on "Ke PMI Kota Bandung, Donor Darah Satu Kali Dalam 70 Hari"
  1. Wah keren jadi pendonor darah. Aku juga pengen bisa jadi pendonor darah. Sayangnya, aku anemia, Mak. Huhuhu....

    ReplyDelete